Yuk kita mulai dari awal, mengenal apa itu kelas, variable, konstanta, dan tipe data. Apa sih mereka itu?
Kelas
Sama halnya manusia, kode juga dikelompokkan sesuai kebutuhan ke dalam kesatuan yang namanya kelas, mudahnya, kelas ini nanti yang memuat kode yang akan kita tulis dan nantinya akan diproses. Detailnya bisa dicari sendiri pada referensi yang lebih ilmiah, karena disini saya memberikan gambaran mudah agar cepat dipahami.
Variabel
adalah suatu tempat umtuk menampung data yang nilainya selalu berubah. Data di variable akan hilang setelah program selesai dieksekusi.
Bahasa mudahnya, variable itu sebuah mangkuk menampung sebuah makanan yang bisa diminta atau ditambahin. Setelah selesai makan, mangkuk ini isinya harus dibuang. Nah seperti itu. Beda lagi nih sama yang namanya konstanta.
Konstanta
adalah suatu tempat umtuk menampung data yang nilainya selalu tetap dan tidak berubah.
Kalau yang ini, bayangkan saja sebuah makanan yang dikeringkan. Tidak bisa dimakan tidak bisa ditambah, sudah membatu.
TipeData
Tipe data itu jenis dari variable atau konstanta, mudahnya kalau kita punya mangkuk nasi, berarti tipe data dari mangkuk adalah nasi, sehingga si mangkuk hanya boleh diisi oleh nasi, tidak boleh diisi oleh sayuran.
Kembali pada bahasa sebenarnya, tipe data jenisnya ada 2, yaitu reference dan satu lagi primitive. Untuk penjelasannya, primitive hanya memberikan ukuran format pada jenisnya, sedangkan reference akan memuat metode dan fungsi yang bisa dipakai. Untuk hal ini, bisa dipelajari sambil berjalan.
Berikut table tipe data
Apasih itu? nah, tentunya kamu tau dong kalau di pemrograman ini kita tidak akan lepas dari namanya angka? Nah, setiap variable yang akan dibuat dan dioperasikan akan diberi tipe data yang sesuai dari jangkauan. Misalkan, kita ingin membuat kode untuk penjumlahan dengan bilangan hanya sampai puluhan, nah dengan table ini, kita cukup menggunakan tipe data byte karena maksimum nilanya 128 sedangkan kita hanya ingin penjumlahan sampai 99 saja. Kenapa begitu? kenapa tidak menggunakan nilai terbesar saja yaitu int? Ingat:
"Programmer yang baik adalah programmer yang bisa mengatur memori programnya"
Karena semakin besar jangkauan, semakin besar juga memori yang disimpankan untuk variable kita. Nah begini mudahnya. Kita ingin makan buah anggur 1 biji, pertama kita perlu memilih mangkuk yang bisa diubah-ubah nilainya yaitu variable karena kita mungkin ingin menambah anggur yang akan dimakan. Karena anggur buahnya kecil, kita memilih mangkuk yang kecil saja, nah itu adalah tipe data yang menampung kecil yaitu byte. Seperti itu, jadi dengan mangkuk byte ini, kita bisa menampung anggur tapi juga tidak mubazir dengan menggunakan baskom besar yang meskipun bisa menampung anggur tapi ruang yang tidak terpakai akan sia-sia/mubazir.
Selanjutnya kita akan mengenal input dan output.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar